Edward Joseph Snowden, Sang Pembocor PRISM

Edward Joseph Snowden
Edward Joseph Snowden
Beberapa minggu terakhir dunia dihebohkan dengan sebuah informasi penting terkait penyadapan melalui telepon yang dilakukan oleh satu negara terhadap negara yang lainnya. Penyadapan telepon yang dilakukan oleh Intelijen Amerika terhadap beberapa negara dan secara khusus juga dilakukan Australia terhadap Indonesia di informasikan oleh mantan kontraktor teknik sekaligus karyawan Central Intelligence Agency (CIA) Amerika Serikat bernama Edward Snowden.

Snowden diketahui telah banyak membocorkan informasi sangat rahasia seputar program-program National Security Agency (NSA). Pembocoran informasi ini sebagai bentuk kesalahan yang diyakini oleh Edward Snowden perlu di ungkapkan kepada publik. Ia mengatakan, Amerika dan juga Australia terlalu berlebihan untuk memantau aktivitas negara-negara lain yang seharusnya merupakan privasi atau hak orang / negara lain. Akibat pembocoran ini, hubungan luar negeri Amerika dengan beberapa negara Eropa bahkan Asia menjadi terganggu.

Terkait aksinya tersebut, kini Edward Snowden menjadi buruan nomor satu Amerika Serikat. Snowden yang diketahui meminta perlindungan suaka di negara Rusia, telah diberi hak suaka dengan catatan bahwa ia tidak akan kembali menyerang Amerika Serikat melalui informasi publik yang ia sampaikan.

No comments:

Post a Comment